Monday, November 1, 2010

Session 2-6

Session 2-6 (a)
1. Mengapa level pengambilan keputusan membutuhkan knowledge?
a. Knowledge merupakan asset non-material sebagai salah satu indikator penentuan “goodwill” selain customer relationship, company’s market reputation dan information technology.
b. Pengembangan knowledge secara dinamis memberikan kesempatan yang baru sehingga membuat setiap level organisasi mampu berkompetisi.
c. Knowledge dibutuhkan manajer sehingga mampu mengambil keputusan dan tindakan yang sesuai dengan perubahan
2. Pelajari mini case 1, mini case 2 dan mini case 3

3. Buat summary dari setiap mini case
Mini case 1 – The limitations of 100 case histories of industrial mergers (DalmlerChrysier)
1. Apa saja masalah yang dihadapi dalam penggabungan itu baik dari tingkat Top, Middle maupun Low
Yang dihadapi dalam penggabungan tersebut baik dari tingkat Top, Middle, maupun Low adalah sebagai berikut:Di tingkat top terdapat ketidak cocokan manajemen style, Manager Jerman lebih menyukai membaca 50 halaman dokumen sebelum meeting sedangkan Manajer Amerika melakukan lebih banyak bicara dan menginginkan lebih sedikit dokumentasi sebelum meeting. Di tingkat middle dan low terdapat perbedaan style seperti tentang laporan presentasi. Secara umum masalah yang dihadapi adalah perbedaan style ataupun cara kerja antara 2 pihak dari Negara yang berbeda, sehingga masing-masing pihak membawa culturenya masing-masing.
2. Apa yang melatarbelakangi hal tersebut bisa terjadi (point 1)
Yang melatarbelakangi hal tersebut bisa terjadi adalah adanya perbedaan style ataupun culture antara 2 pihak dari Negara yang berbeda. Setiap Negara membawakan culturenya dan stylenya masing-masing dalam penggabungan perusahaan ini.
3. Apa strategi untuk mengatasinya
Strategi yang cocok adalah ketika dalam penggabungan perusahaan cara ataupun style dalam bekerja yang dilakukan adalah menggunakan prosedur dan peraturan yang standard di dunia internasional yang tentunya sudah merupakan best practice.

Mini case 2 – Beer Game Mengamuk
1. Apa masalah sebenarnya yang anda lihat terjadi antara pihak hotel dan pelanggannya tersebut
Jawab.
Masalah sebenarnya yang terjadi antara pihak hotel dan pelanggannya adalah:
a. Seorang penghuni hotel yang mengeluh tentang sabun batangan yang ditinggalkan di kamar mandinya, karena dia sudah membawa sabun mandi sendiri.
b. Pelayannya sudah berganti, karena pelayan sebelumnya sedang cuti. Dan pelayan pengganti tidak mengetahui kebiasaan dan keinginan penghuni hotel tersebut.
c. Setelah penghuni hotel mengeluh mengenai sabun yang di tempatkan di kamar mandi, maka pengurus rumah tangga mengambil semua sabun yang ada di kamar penghuni hotel sehingga sabun mandi dial yang dibeli sendiri oleh penghuni hotel juga ikut terambil.
d. Penghuni hotel complain karena sabun mandi dialnya hilang sehingga pengurus rumah tangga mengembalikan semua sabun yang diambil tadi tanpa sepengetahuan pelayan pengganti. Pelayan pengganti membawa sabun sebanyak yang diambil oleh pengurus rumah tangga karna pengurus rumah tangga tidak memberi tahu kepada pelayan bahwa sabun sudah dikembalikan
2. Asumsikan informasi tersebut sampai dalam bentuk potongan sesuai dengan email yang dituju. Apa kesalahan orang-orang dalam hierarki tersebut ?
Jawab.
Kesalahan orang-orang dalam hierarki tersebut adalah:
a. Penghuni hotel tidak memberitahu kepada pelayan pengganti dan pelayan rumah tangga bahwa dia telah membeli sendir sabun mandi deal.
b. Pelayan tetap tidak memberitahu kebiasaan ataupun keinginan dari pelayan hotel, dan begitu juga dengan pelayan pengganti tidak menanyakan kebiasaan atau keinginan pelayan hotel.
c. Pelayan rumah tangga tidak memberitahu bahwa dia sudah mengembalikan sabun yang diambil kepada pelayan pengganti
d. Asisten manager tidak mengetahui kebiasaan ataupun keinginan penghuni hotel sehingga ia hanya menjawab sesuai dengan aturan yang ada di hotel tersebut.
3. Apa solusi yang anda tawarkan agar permasalahan serupa tidak akan terjadi lagi
Jawab.
Solusi yang saya tawarkan agar permasalahan serupa tidak akan terjadi lagi adalah:
a. Setiap level dalam manajemen perhotelan harus terkomunikasi dengan baik sehingga tidak terjadi miscommunication. Jadi seluruh lapisan harus mengetahui apa yang terjadi dengan custumer, lapisan paling bawah melaporkan masalah yang terjadi ke level yang lebih tinggi, sehingga setiap level mengetahui masalah yang terjadi dan dapat dicari solusi untuk masalah tersebut.
b. Manajemen hotel harus mencatat atau merecord data dan kebiasaan penghuni hotelnya, sehingga customer hotel mendapatkan perlakuan special. Dan pelayan harus mengetahui setiap record ataupun catatan atas penghuni hotel.

Mini case 3 – Taco
1. Apa pandangan Taco tentang KM
Pandangan TACO tentang KM yaitu Bahwa KM merupakan salah satu asset terpenting di dalam sebuah perusahaan. Hal ini dapat dilihat dari berbagai fasilitas yang diberikan oleh TACO yaitu sebagai berikut.
a. Adanya pusat belajar yang terdiri dari kelas, lab computer, perpustakaan, dan ruang konferensi.
b. Memberikan kesempatan belajar bagi para mahasiswa berprestasi di sekitar TACO dan juga memberikan mereka kursus-kursus
c. Memberikan pelatihan bagi karyawan berupa materi standard dan ringkas berupa program orientasi, latihan kebakaran dan keamanan, pengenalan product TACO, dsb.
2. Kira-kira apa harapan Taco dengan mengadakan berbagai pelatihan tersebut
Jawab.
Harapan Taco dengan mengadakan berbagai pelatihan tersebut adalah agar semua karyawan memiliki skill dan kemampuan yang baik dan dapat membuat perusahaan menghasilkan produk yang dengan kualitas dan kuantitas yang maksimal sesuai dengan yang dibutuhkan oleh pasar. Dengan skill dan kemampuan yang baik tersebut diharapkan perusahaan dapat lebih berkembang lagi secara berkesinambungan.
3. Kalau anda diposisi John Hazer White, akankah anda melakukan hal yang sama atau ada strategi yang lain
Jawab.
Ya, saya akan melakukan hal yang sama karena KM adalah asset yang sangan berharga dan sangat penting di dalam keberadaan dan kemajuan sebuah perusahaan.
4. Apa pendapatmu tentang strategi Taco di masa krisis
Jawab.
Pendapat saya tentang strategi Taco di masa krisis adalah bahwa Taco berani di dalam menghadapi resiko yang akan dihadapi jika strategi yang dijalankan salah. Tetapi berkat KM perusahaan tersebut akhirnya berhasil juga untuk bertahan dan bahkan semakin berkembang.
5. Apa hal penting yang bisa dipelajari
Jawab.
Hal penting yang bisa dipelajari adalah bahwa knowledge yang diberikan dapat mempertahankan eksistensi dari suatu perusahaan di masa krisis, karena seluruh lapisan pendukung di dalam perusahaan telah dibenahi dengan kemampun yang baik dari setiap pelatihan ataupun training yang diberikan oleh perusahaan. Dengan knowledge tersebut Taco bahkan bisa berkembang dan semakin maju. Dan perusahaan tersebut menjadi lebih inovatif di dalam menyelesaikan masalah dan mengambil keputusan.

Session 2-6 (b)
1. Bagaimana sebuah knowledge dapat meningkatkan “goodwill” perusahaan?
Goodwill merupakan salah satu dari unsur perusahaan. Menurut S.J. Foekuma Andree, Goodwill adalah benda ekonomis yang tidak bertubuh , yang terjadi dari hubungan perusahaan dengan para langganannya dan kemungkinan perkembangan yang akan datang. Goodwill itu dapat dipindahtangankan bersama dengan urusan perusahaan dan menjelma dalam balance sebagai laba.Goodwill menampakkan dirinya dalam balance (neraca) sebagai laba atau keuntungan dan bukan kerugian dan dapat digambarkan sebagai nilai lebih (meerwaarde) perusahaan. Terjadinya Goodwill dapat disebabkan :
1. Hubungan baik antara perusahaan dan para konsumen.
2. Manajemen perusahaan yang baik, sistematis dan efisien.
3. Tempat perusahaan atau penjualan yang strategis.
4. Iklan yang tepat dan menarik para konsumen.
5. Hasil produksi yang bermutu tinggi, memnuhi selera konsumen dengan harga yang layak.
6. Pelayanan dari staff atau karyawan perusahaan yang menarik dan memuaskan konsumen.

Sebuah knowledge dapat meningkatkan kebaikan suatu perusahaan adalah dengan :

* Sebuah organisasi akan dapat mengikuti perkembangan bisnis dan teknologi dengan memanfaatkan knowledge sebagai modal untuk melakukan research untuk kreasi dan inovasi product atau layanan dalam menginkatkan keuntungan organisasi tersebut, sehingga organisasi itu tetap exist dan mempuyai goodwill
* Membuat keuntungan perusahaan meningkat dengan adanya knowledge untuk mendapatkan hal tersebut.
* Pengembangan knowledge yang dilakukan secara dinamis akan memberikan sebuah kesempatan untuk perusahaan dapat berkompetisi dengan pesaingnya
* Menjaga hubungan perusahaan dengan perusahaan lain dengan knowledge di bidang hubungan (relationship)
* Dengan adanya knowledge sebuah organisasi akan dapat mengembangkan keterampilannya dalam bidang relasi dan sosialisasi baik intern perusahaan atau extern perusahaan

2.Apa yang dimaksud dengan intellectual asset?

Intellectual asset atau Aset Intelektual adalah sebuah ilmu pengetahuan, pengalaman, dan kemampuan(skills) dari karyawan sebuah perusahaan yang dapat digunakan(asset) atau bermanfaat di masa sekarang maupun masa akan datang berupa non-material.

3. Jelaskan mengapa knowledge semakin dibutuhkan?
Knowledge (Ilmu Pengetahuan) semakin dibuktuhkan karena beberapa hal yakni:

* Ilmu pengetahuan adalah kunci untuk segala sesuatu
* Semakin berkembangnya teknologi maka persaingan yang semakin ketat, sehingga dibutuhkan knowledge sehingga tidak tertinggal dari pesaing yang lain
* Knowledge terorganisir dengan baik adalah asset yang sangat berharga karena dapat memberikan keutungan besar.
* Knowledge dapat menciptakan peluang-peluang baru dalam berkompetisi.
* Knowledge dapat meningkatkan goodwill sebuah organisasi.

4. Jelaskan yang dimaksud dengan organizational learning!


Organizational learning adalah sebuah area dari Ilmu pengetahuan(knowledge) yang termasuk dalam teori organizational (Organizational Theory) yang mempelajari model-model dan teori mengenai bagaimana suatu perusahaan belajar dan beradaptasi.

Beberapa dimensi perlu ada untuk menjadikan organisasi dapat terus bertahan. Organisasi seperti ini dinamakan organizational learning, karena dimensi-dimensi ini akan memungkinkan organisasi untuk belajar, berkembang, dan berinovasi. Dimensi-dimensi tersebut adalah
1) Model mental
2) System thinking
3) Shared Vision
4) Personal Mastery dan
5) Team Learning.

Kelima dimensi organizational learning ini harus hadir bersama-sama dalam sebuah organisasi untuk mempercepat proses organizational learning dan meningkatkan kemampuannya untuk beradaptasi pada perubahan dan mengantisipasi perubahan di masa depan.

5. Sebutkan keuntungan yang diperoleh pada peningkatan pelayanan dengan adanya tambahan knowledge.
Keuntungan yang diperoleh pada peningkatan pelayanan dengan adanya tambahan knowledge:

* Menaikan nilai suatu produk atau Jasa.
* Memberikan kenyamanan yang lebih kepada pelanggan dalam pelayanan perusahaan.
* Dapat menciptakan hubungan baik antara perusahaan dan customer.
* Menambah asset keuntungan.

No comments:

Post a Comment